Skip to content

Setting VPN PPTP server Mikrotik

April 7, 2012

Untuk memantau trafic jaringan klient  rt/rw net jika kita berada di luar area covarage/luar kota maka sudah semestinya kita menggunakan jalur VPN. Selain alasan keamanan,dengan VPN kita jauh lebih mudah untuk monitoring semua perangkat yang ada dalam jaringan natework kita.

Pada mikrotik banyak service untuk create VPN,namun kali ini saya akan ambil salah satu contoh yaitu service PPTP server. Jalankan sesuai dengan gambar dibawah ini.

NB: Klik gambar untuk memperbesar

Untuk mengakses koneksi vpn ini maka komputer atau laptop anda harus di setting new connection VPN ayang ada pada menu control panel-network connection-create new connection

9 Comments leave one →
  1. Ofidz Al-akadarnya permalink
    April 11, 2012 17:40

    Mampir mas.😀
    Baru tahu saya kalo MT bisa buat PPTP. Dan ternyata bisa juga buat OVPN😀

  2. Dex Yox permalink
    April 24, 2012 06:30

    Gan ane mo share jaringan via router, kok tiap 30 detik slalu minta login…. Mohon solusinya Gan!!!

  3. June 10, 2012 19:05

    artikelnya sangat baik.. saya pemula di vpn, pernah mencoba membuat vpn (dgn mikrotik) untuk mengakses data pembukuan di toko yg mysqlnya ditaruh di ubuntu server.

    Kalau tidak keberatan, bisa memberi pencerahan gak ya mas.? Saat ini saya masih bekerja di bank. Ingin membuat VPN, agar saya bisa menggunakan AKSES INTRANET bank tempat saya bekerja, misalkan akses web BI.

    Permasalahannya adalah IP intranet yang digunakan (termasuk IP gatewaynya) juga merupakan IP Publik (setelah saya trace route).

    Jika modem lsg dial dari mikrotik (agar ip address bisa sy dial dari luar).. ip intranet tabrakan dengan ip dari internet (akibatnya routing dikantor kacau.. Jaringan sistem banknya dan ATM tidak bisa bekerja. (dugaan saya mungkin akibat gateway intranetnya merupakan ip publik juga).

    Mohon sekali dapat memberikan pencerahan.. terima kasih sebelumnya… untuk artikel yang detail di atas, dan sangat-sangat banyak terima kasih atas pencerahannnya🙂

    • February 3, 2014 13:25

      mohon maaf , saya masih agak kurang paham dengan penjelasannya

      bisa kirim gambar topologinya mungkin saya bisa sedikit membantu

  4. October 13, 2012 17:53

    artikelnya bagus gan cuma kok kurang detail dan jelas step by step langkang dari awal. thx

    • February 3, 2014 13:26

      sebenarnya gambar2 tersebut diatas sudah terpasang berurutan langkahnya, hanya saja memang tidak saya kasih penjelasan….suwun mas

  5. hj rim permalink
    June 11, 2013 09:51

    salam kawan. ada tempat tidak mahu belajar cara seting vpn untuk 30 pc ?
    tolong sms ke 0060139006222. haji karim.TQ

  6. widi permalink
    October 17, 2013 10:20

    betul ga kalau bisa dari awal konfigurasinya sampai kita bisa remote dari luar jaringan diluar kota misalnya

  7. dewa permalink
    November 19, 2013 13:08

    Agan.. klo sering disconnect ada pengaruhnya dengan setting VPN nya??

Leave a Reply

